Tips Jitu Mencegah Malware di Media Sosial

Assalamualaikum..

Pernahkah kamu menemukan sebuah link dengan iming-iming BBM for Facebook di wall-mu atau juga di wall grup kamu? Hati-hati bisa jadi itu adalah malware.

Yap, malware bukan hanya ada di gadget tapi di media sosial seperti facebook, twitter dll. Untuk menjaga akun-mu saya akan share tips jitu mencegah malware di sosial media.

Rajin-rajinlah mengupdate aplikasi media sosialmu.
Makin lama versinya biasanya makin banyak bug-nya. Namun pastikan juga updaye software memang berasal dari developer yang sah.

Jangan sembarang menambahkan akun asing menjadi temanmu.
Meski tujuanmu bermedia sosial untuk menambah teman yang benar-benar baru, jangan sungkan menanyakan identitasnya sebelum menyetujui permintaanya menjadi teman.

Beri akses seperlunya.
Misalkan teman baru yang masih asing tadi; batasi aksesnya sampai kamu bisa benar-benar mempercayainya. Misalnya di Facebook, batasi akses ke folder foto/video pribadi.

Jangan sembarang membuka lampiran/link.
Meskipun itu berasal dari teman yang dikenal. Kecuali kamu tau persis apa isinya. Sebaliknya jika kamu otomatis di-tag ke foto/video/aplikasi yang mencurigakan segeralah untag dirimu.

Kalau perlu segera laporkan ke provider media sosial tersebut
Bila itu memang menggagumu atau cenderung berbahaya. Jangan singkan untuk melapor ke provider media sosial yang kamu pakai.

Itulah beberapa tipsnya. Semoga bermanfaat.

Referensi: Tabloid Sinyal edisi 11-14 april 2014.

Wassalam..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Jitu Mencegah Malware di Media Sosial"

Posting Komentar