Korea Utara Mengandalkan Tablet Samjiyon



Assalamualaikum..

Korea Utara terbilang menerapkan aturan yang sangat ketat untuk banyak sektor di negaranya. Selain gaya potonganrambut, film yang harus ditonton atau membungkuk disetiap patung pejabat negara, negara pimpinan Kim Jong Un ini jugamenerapkan aturan ketat menggunakan gadget.

Mereka yang sudah dapat memproduksi tablet sendiri memerintahkan seluruh rakyatnya untuk hanta menggunakan tablet bermerek Samjuyon ini. Mulau dari produksi hingga penjualannya diawasi langsung oleh pemerintah. Samjiyon dijual seharga 200 dolar AS ataubsekitar RP. 2,3 juta.

Tak seperti tablet pasaran pada umumnya, akses informasi didalamnya pun diatur oleh pemerintah. Tak ada koneksi WiFi. Untuk internetan, tablet dirancang untuk terkoneksi dengan jaringan lokal yang dikendalikan penuh oleh pihak berwenang. Produksi perangkat ini dekelola Kementrian Informasi Korea Utara.



Samjiyon memiliki layar 7 inci, prosesor 1,2GHz dengan RAM 1GB, kapasitas penyimpana internal 16 GB dan menggunakan sistem operasi Android. Namun, tidak dijelaskan versi Android apa yang dipakai, seperti dilansir Softpedia, tidak ada keterangan mengenai resolusi layar tablet tersebut. Namun kabarnya terbilang rendah, sekitar 800x600 pixel. Di dalam Samjiyon ada 500 kamus dan cukup banyak eBook dengan sejumlah karya penulis ternama yang tersedia secarai Pre-instal. Meskipun diawasi pemerintah, pengguna masih bisa menikmati aplikasi populer seperti Angry Birds.

Sumber: Koran Pikiran Rakyat edisi Kamis, 21 Agustus 2014.

Wassalam..

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Korea Utara Mengandalkan Tablet Samjiyon"

  1. keren kang, bahasanya ditablet juga korea teryata, hehehe :D

    BalasHapus
  2. @mas arif

    ia mas.. terimaskih sidah berkunjung..

    BalasHapus