5 Aplikasi Belajar Koding Untuk Android

Assalamualaikum..

Hampir semua orang dari anak-anak, remaja sampai yang dewasa menggunakan smartphone. Nah untuk yang remaja biasanya dipakai untuk social media dan games daripada ngegames terus mari kita manfaatkan untuk belajar, salah satunya belajar koding dengan 5 Aplikasi Koding Untuk Android agar smartphone kita bermanfaat.

1.Codebox



Codebox adalah aplikasi untuk belajar pemograman C dan Java. Hal yang paling dasar yang perlu dipahami dalam belajar koding adalah algoritma. Dalam aplikasi ini kamu dapat belajar berbagai macam jenis algoritma seperti algoritma sorting, algoritma perbandingan, algoritma pencarian dll. Setiap algoritma mepunyai penjelasan tentang bagaimana algoritma tersebut bekerja. Selain itu dalam aplikasi ini juga dilengkapi dengan sumber kode dan hasil ketika kode itu dijalankan.

Google Play Codebox, Gratis

2.AIDE



Berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang hanya memberi contoh, dengan aplikasi ini kamu bisa belajar, mengedit, membuat dan mengeksekusi langsung di smartphonemu. AIDE juga aplikasi belajar bahasa Java. Ada 3 kategori pembelajaran yaitu: Java Skill, Android Development dan Game Development. Apkikasi ini sangat interaktif karena kamu akan dipandu secara bertahap dan apabila kode ada yang salah kamu akan diberitahukan letak kesalahannya.

Google Play AIDE, Gratis

AIDE Premium (Gratis)

3.Pocket Code



Pada aplikasi ini juga kamu bisa membuat, mengedit, dan mengeksekusi langsung dari smartphonemu. Aplikasi ini dirancang untuk anak-anak dan remaja sehingga tidak menggunakan bahasa pemograman C atau Java. Melainkan dengan bahasa khusus "Cantrobat" yang divisualisasikan mengenai permainan Lego. Untuk membuat program, kamu cukup menumpukkan blok-blok program yang disediakan.

Aplikasi ini menyediakan contoh-contoh program berupa game yang bisa didownload terlebih dahulu, seperti game Galaxy War, Tic-Tac-Toe , dan Air Flight . Program-program tersebut bisa dimodifikasi dan bisa dimainkan langsung melalui smartphone.

Google Play Pocket Code, Gratis

4.C, Javascript, Java Programs



Sesuai namanya, C, JavaScript, Java Programs merupakan aplikasi untuk belajar bahasa pemrograman C, JavaScript, dan Java. Berbeda dengan Codebox yang hanya membahas tentang algoritma, aplikasi ini memiliki lebih banyak contoh program. Mulai dari Java Applet untuk penggunaan Java pada pengembangan web, struktur data, array, hingga algoritma sorting. Setiap contoh program akan disertai sumber kode dan hasil kode ketika dijalankan. Sayangnya aplikasi tidak menyertakan informasi untuk setiap contoh program tersebut.

Google Play C, Javascript, Java Programs, Gratis

5.Learn HTML5



Sesuai namanya, Learn HTML5 adalah aplikasi untuk belajar bahasa pemrograman HTML5. Untuk mulai belajar pengembangan website, hal dasar yang perlu diketahui adalah penggunaan tag karena kode-kode akan berjalan pada tag-tag tersebut. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mempelajari tag-tag yang digunakan dalam HTML5 seperti tag untuk mendefinisikan link, tag untuk membuat paragraf dan tag lainnya. Aplikasi akan menyertakan informasi tentang setiap tag sehingga Anda mengetahui apa fungsi setiap tag yang ada. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan contoh bagaimana tag itu bekerja serta dilengkapi dengan sumber kode.

Google Play Learn HTML5, Gratis

Itulah 5 Aplikasi Koding Android yang bisa membantu kamu untuk belajar koding. Happy Coding..

Artikel Asli

Wassalam..

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "5 Aplikasi Belajar Koding Untuk Android"

  1. Learn HTML 5 :D Tapi kalau koding dari ponsel sepertinya tidak enak kang hehehe, terima kasih.

    BalasHapus
  2. Makasih infonya bro, sangat bermanfaat buat gue yang masih pemula. xD

    Sibuk Tekno

    BalasHapus