Cara Ampuh Mengatasi Android Yang LEMOT (Root Only)

Assalamualaikum..



Apakah kamu pernah mengalami saat menjalankan aplikasi tiba-tiba terlempar ke homesreen (force close)? Atau terjadi lag saat menyapu layar android anda? Jika ia berarti android anda mulai lemot. Ada beberapa faktor yang membuat android anda lemot, salahsatunya adalah karna banyak chache (file sampah), banyaknya aplikasi yang terpasang, dan banyaknya aplikasi yang berjalan di background.

Tenang.. ada solusinya kok, tetapi syarat utamanya adalah ponsel android kamu harus sudah di Root. Jika belum, root terlebih dahulu. Bila sudah, langsung saja ke tutorialnya.

1. Hapus Beberapa Aplikasi
Yap, bila kamu terlalu bersemangat terhadap ponsel android kamu, sehingga kamu mendownload aplikasi dari A sampai Z, itu terlalu berlebihan. Lebih bijak jika kamu menghapus beberapa aplikasi yang memang kamu tidak di perlukan dan hapus juga bloatware. Bloatware adalah aplikasi tambahan yang diberikan operator kepada ponsel android. Kamu bisa menghapusnya dengan aplikasi root explorer.

2. Menghapus Chache
Chache adalah file sampah yang dihasilkan dari kegiatan di ponsel kamu, entah itu browsing, bermain games, memainkan musik dll. Dan jika dibiarkan file chache akan menumpuk dan menyebabkan ponsel menjadi lambat/lemot. Solusinya, download lah aplikasi penghapus chache seperti clean master, chache cleaner dll. Maka ponsel android anda akan sedikit agak ringan.

3. Hibernate Aplikasi
Dengan aplikasi greenify kita bisa mematikan aplikasi yang sedang berjalan di background. Ya, aplikasi yang sudah kita berhentikan sebenarnya tidak mati sepenuhnya, melainkan berjalan di background dan itu membuat ponsel android kita makin lemot. So, kita matikan dengan aplikasi greenify.

Sebenarnya akan lebih maksimal bila sudah terinstal aplikasi exposed instaler (untuk ics keatas) tapi tidak juga tidak menjadi masalah. Oke, download dulu aplikasi greenify cari di PS ada. Jika sudah terinstal, buka aplikasinya jika meminta akses root 'ijinkan' saja. Lalu, tekan aplikasi yang akan di hibernate dan klik icon zzz yang ada di kanan bawah, seperti pada gambar berikut.



Nah, aplikasinya sudah di matikan dan sudah tidak berjalan di background lagi. Lebih mudahnya lagi kita bisa membuat sortcut dari aplikasi greenify agar mempermudah kita menghibernate aplikasi/games seperti gambar berikut.



Sehingga jika anda telah memainkan sebuah games/aplikasi anda tinggal tap ikon daun dan otomatis aplikasi/games akan terhibernate. Jangan lupa hibernate juga aplikasi penghapus chache bila sudah digunakan, karna aplikasi itu membutuhkan ram yang banyak.

Nah.. jika kamu sudah mengikuti tutorial diatas maka ponsel android anda tidak akan lemot lagi atau setidaknya agak sedikit ringan.

Apabila kamu mempunyai tips lainnya, manfaatkan kolom komentar agar kita semua bisa saling belajar.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara Ampuh Mengatasi Android Yang LEMOT (Root Only)"

  1. jasa Service Android dan smartphone

    Kali ini saya mau membantu sobat droid semua yang suka otak atik android dan mengalami kesalahan dalam rooting, dan modif sehingga android anda menjadi hank logo mungkin jasa kami akan sedikit membantu anda , atau untuk anda yang mau root android dan tidak mau mengambil resiko bisa memakai juga jasa kami dan untuk jasa yang kami tawarkan
    silahkan kunjingi web kami https://androidservicesite.wordpress.com/

    lebih jelasnya sebagai berikut:

    – Jasa root/unroot Android
    – Jasa Pasang Recovery Mode/CWM
    – Jasa Unbrik Android
    – Jasa Flasing Android
    – Jasa Pasang Custom Rom

    – Mati total
    – IC flash rusak
    _ memory internal rusak
    – Stuck di logo
    _ tidak bisa carging
    – Dll.
    ketiga banyak pengalaman serta sahabat sahat jasa service
    android semoga dengan jasa kami ini banyak orang yang terbantu
    Kami Bisa dipanggil ketempat agan
    https://androidservicesite.wordpress.com/

    BalasHapus